Text
TINGKAT KEPEDULIAN DAN PENGETAHAN KONSUMEN TERHADAP KEHAHALAN PRODUK PANGAN DI SAMARINDA
BUDI WIJAYANTO. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2012.
Tingkat Kepedulian dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Kehalalan Produk
Pangan di Samarinda (dibawah bimbingan Hadi Suprapto dan Wiwit
Murdianto).
Indonesia adalah Negara dengan masyarakat muslim terbesar didunia. Sebagai
seorang muslim adalah suatu kewajiban untuk peduli dan memiliki pengetahuan
tentang produk pangan halal. Biasanya informasi seperti itu dapat dilihat dari
pencantuman label halal pada kemasan produk yang dikeluarkan oleh Lembaga
Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia
(LPPOM MUI).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepedulian dan
pengetahuan konsumen terhadap kehalalan produk pangan di Samarinda. Penelitian
ini temasuk jenis penelitian survey. Metode Purposive Sampling dengan 120
responden digunakan sebagai sampel pada penelitian ini.
Tingkat kepedulian konsumen terhadap produk pangan tertentu dikategorikan
oleh beberapa aspek seperti tanggal kadaluarsa (68%), informasi halal (11%), harga (11%), manfaat (6%) dan merk (4%), sebagai pertimbangan utama mereka untuk
membeli produk pangan tertentu.
Selanjutnya, semakin tinggi tingkat pendidikan konsumen menunjukkan bahwa
mereka memiliki pengetahuan yang cukup atau lebih terhadap produk pangan halal,
tetapi kepedulian untuk membeli produk pangan halal masih kurang dikarenakan
berbagai aspek diatas. Secara umum tingkat kepedulian konsumen terhadap produk
pangan halal di Samarinda masih relatif rendah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain