Text
KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA TEH HERBAL DI UMKM ZAHRA FLORIST KOTA BONTANG
AHMAD TOYIB. Kelayakan Pengembangan Usaha Teh Herbal di UMKM
Zara Florist Kota Bontang, Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman,
2021. (Di bawah bimbingan Dra. Yuliani, M.P dan Prof. Dr.oec.troph. Ir.
Krishna Purnawan Candra, M.S)
Indonesia adalah salah satu negara yang kaya dengan hasil perkebunan
salah satunya teh. Teh adalah minuman yang sangat digemari oleh masyarakat
Konsumsi teh di Indonesia diproycksikan meningkat 3 persen tap tahun
satu dekade ke depan walaupun ada kecenderungan konsumsi teh per-kapi
rendah beberapa waktu terakhir ini, karena kalangan kelas menengah urban
Indonesia semakin mengembangkan gaya hidup konsumsi kopi. Pengembangan
minuman teh terus dilakukan di beberapa daerah, salah satunya dilakukan oleh
Zahra Florist di Kota Bontang. Usaha Mikro Kecil Menengah Zahra florist
memproduksi dan mengembangkan teh herbal; daun bidara, daun tin dan
bawang dayak. Teh herbal yang dikembangkan dari daun ketiga tanaman tersebut
merupakan produk inovasi bar sehingga perl langkah-langkah promosi
termasuk analisis kelayakan usahanya sesuai dengan perkembangan pasar saat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aspek non-finansial
aspek finansial produk teh herbal tersebut.
Penelitian ini dilakukan selama dua bulan (Mei-Juni 2021) dengan
melakukan observasi langsung ke lapangan, yaitu ke UMM Zahra Florist di kota
Bontang dan ke stakeholder yang terlibat. Aspek finansial dianalisis dengan
menggunakan metode Net Present Value (NPV), Internal Rate of Renan (IRR)
Benefit Cost Ratio (BCR) dan Payback Period (PP) dan aspek non-finansial
dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha teh herbal Moris lavak
dilakukan dengan NPV sebesar 177,288.152 (> 0); IRR schesar 45% @ MARRE
BC sebesar 1.33 tahun ke-1, 1,33 tahun ke-2, 2.74 tahun ke-3 dan 2.00 tahum Re-
4 (secarn keseluruhan > 1) dan PP selama 2 tahun 2 bulan 4 hari. Pengembangan
usaha teh herbal Zahra Florist dapat dilakukan dengan strategi agresif, yaitu satu
strategi yang menggunakan semua faktor kekuatan untuk memanfaatkan
yang ada,. Situasi ini menguntungkan, Karena kekuatan dan peluang menyatu dan
saling mendukung,
Kata Kunci: Kelayakan, Teh, Herbal, Finansial, Non-Finansial
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain